Pentingnya LAUT



Laut  kita bisa membangkitkan 40 juta angkatan kerja. Laut juga adalah gudang terbesar di Planet Bumi yang mengandung 50.000 T Ton  berbagai Logam & Mineral yang bernilai tinggi seperti : Emas, Aluminium, Nikel, Uranium, Mg dll. Setiap Mil kubik air laut mengandung 4 juta Ton Mg senilai dengan Emas 93 juta USD.  
Masa depan umat manusia ada di lautan. Lautan merupakan bagian dari nafas kehidupan manusia yang tidak bisa diabaikan. Masa depan Indonesia pun lebih-lebih akan berada di lautan.
Pada zaman dahulu, Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya mencapai kejayaan juga karena mempunyai wawasan kelutan dan tahu memanfaatkan potensi laut untuk untuk mencapai sumber-sumber daya di tempat lain. Sebaliknya, Kerajaan Mataram yang masuk ke pedalaman dan berbasis agraris pelan-pelan menjadi surut dan terisolasi dengan dunia perdagangan global. Nama Sriwijaya dan Majapahit, misalnya tercatat dalam buku pelajaran sejarah di Negara-negara Asean.
Sebagai sumber air di planet bumi ini, laut sangatlah penting peranannya dalam menjaga kelangsungan hidup manusia, binatang dan tumbuhan. Tanpa air laut, tidak ada siklus hujan yang sangat vital bagi manusia dan makhluk hidup lain. Dengan kata lain, tanpa air di lautan dan langit yang berkapasitas “mengembalikan”, bumi akan mirip dengan Bulan, atau planet Mars yang kering kerontang tanpa air, yang tidak mendukung akan adanya kehidupan.
penduduk pada kawasan kepulauan Maldives ataupun Seychelles, bahkan begitu menikmati berkah dengan pariwisata dan perikanan dari lautan. Kecintaan mereka pada lautan bahkan telah menjadikan pendapatan perkapita negeri kepulauan kecil Seychelles mencapai U.S. 7.700amat jauh lebih tinggi dari Indonesia di kepulauan nusantara ini yang dibawah U.S. 1.000 pada tahun yang sama tahun 2000
Sejarah juga telah membuktikan bahwa penguasaan laut sangat menentukan kekuatan pertahanan dan keamanan suatu Negara (Who command the sea, command the world).
bagi manusia yang berwawasan luas, ketika sampai ke tepi laut, mereka mampu “melihat” beyond the horizon, mampu melihat dengan akal budi fikirannya akan sesuatu di balik ufuk, garis “pertemuan” langit dan laut. Mereka “melihat” kapal-kapal dengan membawa barang-barang dari tanah seberang yang eksotis, mereka mampu “melihat” kesibukan pasar di seberang lautan.  Mereka merindukan datangnya kapal-kapal untuk membawanya bersama barang-barang dagangannya membelah lautan menuju pasar di negeri seberang menemukan handau taulan baru di tanah seberang.
Negeri – negeri yang berada di batas dua lautan memperoleh lebih banyak kelebihan daripada negeri-negeri yang sekadar berbatasan dengan laut.
Mesir dengan terusan Suez, Panama dengan Terusan Panama, Spanyol dengan selat Gibraltar, Turki dengan Selat Bosporus, Afrika Selatan Dengan Tanjung Harapan, Argentina dengan Buenos Aires dan Bahkan Singapura yang berhasil mengambil manfaat dan mengapitalisasikan kelebihan yang dimiliki Indonesia dalam geografi yang strategis.
Sungguh menarik melihat kenyataan betapa pentingnya posisi geografis di antara dua lautan ini. Barangkali  kita dapat kembali menyimak tentang karunia Allah yang ada pada batas pertemuan dua laut. Barangkali posisi Kepulauan Indonesia yang berada diantara Lautan  Pasifik dan Lautan Hindia merupakan karunia Allah dalam skala besar.
Dalam perekonomian global, Indonesia merupakan jalur Emas hitam laut yang sangta menentukan. Indonesia berada pada posisis strategis di persimpangan jalan antara pusat produsen Konsumen, baik untuk produk industri dan pabrikan maupun untuk barang Konsumen. Selat Malaka sebagai salah satu selat yang terpadat di dunia begitu strategis sebagai urat nadi mingak dan gas. Bahkan mungkin paling strategis setelah Teluk Hormuz saat tanker mulai keluar dari pusat produkasi minyak dunia.merupakan urat perekonomian terpenting,  tapi mengapa Indonesia tidak mengambil manfaatnya dari  hal ini? Sesungguhnya masyarakat Indonesia harus menyikapi masalah ini dengan positif.  Pelayaran di perairan Indonesia yang diberkahi ini sudah sepantasnya dapat menjadikan berkah bagi bangsa ini, bukan hanya sebagai penonton Lalulintas barang yang bernilai tinggi. Dan dari data yang di peroleh biaya transportasi laut Indonesia nyaris seluruhnya dibayarkan kepada pemilik perusahaan pelayaran dan kargo milik asing.

Singapura sangat berhasil dalam menerapkan kesadaran lingkungan masyarakatnya dan tidak segan-segan menerapkan sangsi yang berat dengan denda sehingga masyarakat takut membuat kesalahan atau pelanggaran. Mereka telah banyak memetik hasil dari kesadaran tersebut bagi pembangunan negaranya. Singapura telah berubah menjadi salah satu tujuan wisata terpenting di dunia dan merupakan dambaan untuk di kunjungi karena kotanya terkenal teratur dan dekat dengan lingkungan yang ditata secara baik.
Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, wilayah daratan Indonesia (1,9 juta km²) tersebar pada sekitar 17.500 buah pulau yang disatukan oleh laut yang sangat luas (sekitar 5.8 juta km²). Panjang garis pantai yang mengelilingi daratan tersebut adalah sekitar 81.000  km, yang merupakan garis pantai tropis terpanjang atau terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.
di Pantai Barat Benua Amerika. Di Teluk kecil tersebut yaitu Monterey Bay yang terletak beberapa kilometer di Selatan Kota San Fransisco, California adalah Kawasan Wisata pantai yang sangat indah sebagai objek Wisata yang tak pernah henti dikunjungi turis. Terkenal dengan Fisherman Wharf, Monterey Aquarium, 17 Miles Drive, tempat menyaksikan ikan paus yang sedang bermigrasi, tempat menonton ratusan singa laut dan tentu saja dengan belasan lapangan golfnya yang sangat indah. Kawasan yang tenang penuh hutan Cypress, sejenis cemara, ini banyak di huni oleh orang-orang kaya Amerika. Juga merupakan kawasan tempat para orang kaya Tua menghabiskan masa pensiunannya.
            Salah satu “keharusan” setelah menghabiskan waktu di Aquarium atau menyantap Sea food di Fisherman Wharf sambil menyaksiakn singa-singa laut yang berjemur adalah menyusuri 17 Miles Drive. Masuk jalur ini, kita akn melalui vila-vila Mansion dan perumahan mewah yang indah dengan taman-taman luas yang mempunyai pemandangan lepas kea arah lautan pasif atau ke hutan Cypress. Beberapa lapangan golf yang sengaja di rancang demikian indah juga bertebaran di sini. Beberapa rumah mempunyai pelataran untuk memelihara kuda. Kawasan ini adalah salah satu kawasan di mana harga propertinya termahal di Amerika Serikat.
Konferensi Hukum Laut pada sidang ketujuh di Geneva tahun 1978, Konsepsi Wawasan Nusantara mendapat pengakuan dunia Internasional. Hasil perjuangan yang berat selama sekitar 21 tahun menginsyaratkan kepada Bangsa Indonesia bahwa visi maritim seharusnya merupakan pilihan yang tepat dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Karena posisinya terletak di antara dua benua yaitu Asia dan Australia, perairan Indonesia menjadi sangat strategis sebagai kawasan lintasan berbagai macam kapal laut, mulai dari kapal niaga, kapal tanker, kapal ikan, sampai dengan kapal perang.
Orang lupa bahwa bermiliar-miliar ton barang keperluan hidup kita, keperluan industri kita telah diboyong dari tempat asalnya yang beribu-ribu kilometer jauhnya dari kediaman kita, dan itu semua diangkut dengan kapal-kapal yang perkasa dan melaju cepat.  Sederhana saja, baju yang kita kenakan sekarang ini, terbuat dari kapas dan polyester, bahan bakunya diangkut dengan kapal dalam jumlah yang besar dan ekonomis melintasi lautan Pasifik, melintasi lautan Cina Selatan. Pengangkutan barang- barang dalam ukuran raksasa dan super raksasa bisa terlaksana dengan mulus karena air laut mendukungnya dan arus laut membantu mendorong pergerakannya.

Barangkali di masa depan para ahli telekomunikasi dapat memanfaatkan lapisan kanal SOFAR ini untuk mentransmisikan gelombang elektromagnetik, seperti telepon, internet, televisi, dan sebagainya, dengan memasang “satelit-satelit” transmisi bawah laut sebagai alternatif memancarkan gelombang tersebut ke lapisan ionosfer di angkasa luar. Di antara lapisan laut bagian atas dan lapisan laut bagian dalam, antara kedalaman 800-1.300 meter, [pada lokasi tertentu dapat mendekati kedangkalan hingga 175 meter] terdapat suatu lapisan berupa kawasan kanal SOFAR di mana kecepatan gelombang suara merambat paling lambat. Karena zona kecepatan rendah ini meluas ke mana-mana, namun dibatasi oleh lapisan atas dan bawah, kanal atau ruang koridor ini bisa berfungsi sebagai kanal untuk mengirim suara atau komunikasi.  Sebuah ledakan kecil dari sebuah sumber suara yang diledakan di dalam kanal SOFAR di lepas pantai. San Fransisco, suaranya akan dapat tertangkap oleh hidrofon yang diletakkan pada kedalaman di kanal SOFAR di Hawaii yang berjalak 4.025 km, hampir separuh Lautan Pasifik.
Jaringan kabel optik bawah laut dipercayai mempunyai banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jaringan transmisi data dan telekomunikasi melalui satelit. Paket-paket suara ataupun data yang di transmisikan melesat dari pesisir barat Amerika ke Singapura dan Jakarta dalam kecepatan cahaya melalui media serat kaca optik.  Melesat tanpa gangguan cuaca di atas atmosfer bumi ataupun gangguan badai magnetik dari angkasa luar. Akibatnya suara terdengar begitu jernih. Kini jaringan kabel serat kaca optik  bawah laut lebih dimanfaatkan untuk transmisi data internet. Para pengguna jasa jaringan kabel bawah laut yang canggih ini percaya bahwa akses internet broadband melalui jaringan ini akan lebih berdaya guna daripada melalui dial-up. Hal ini disebabkan pengguna jasa akan memperoleh kapasitas transmisi data yang jauh lebih besar. Mungkin kelak di masa depan, para ahli telekomunikasi dapat menambah wahana telekomunikasinya dengan menempatkan “satelit-satelit” telekomunikasi yang bertebaran pada kanal SOFAR di laut dalam di seluruh pelosok dunia. Ceritanya barangkali tidak lagi dengan meluncurkan pesawat ulang-alik yang membakar berton-ton bahan bakar padat yang polutif, untuk menempatkan satelit komunikasi pada geostationer yang memanfaatkan lapisan ionosfer. Mereka mungkin justru menyelam turun ke dalam laut menempatkan “satelit-satelit” pemancarnya pada lapisan laut kanal SOFAR  ini dengan menggunakan kapal selam-kapal selam ulang alik.
JANGAN biarkan Laut kita dicuri orang Asing, Mari kita bangun KEPEDULIAN yang diwujudkan dengan Mengenal dan Mempelajari Pendidikan Kelautan, serta menyiapkan dan mencetak Insan yang berdedikasi, cerdas dan Unggul di BIDANG KELAUTAN sebagai bentuk rasa SYUKUR kepada Allah SWT  atas seluruh Karunia yang telah dilimpahkan kepada Bangsa Indonesia. 
sebagai Negara maritim, mau tidak mau Indonesia harus mengelola bidang kelautan dan perikanan yang merupakan unggulan kompetitifnya.


Allah lah yang menundukan laut untukmu dan kapal-kapal supaya
kamu mencari  sebagian karunia-Nya. (Al-Jatsiyah (45):12).

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan oleh perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Al-Rum (30):41).

Dia membiarkan dua laut mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan? dari keduanya keduanya keluar mutiara dan marjan. (QS Ar-Rahman [55]: 19-22)
QS Al-Nahl (16): 14,
Dan Dialah Allah, yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan darinya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai ; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar