Laut kita bisa
membangkitkan 40 juta angkatan kerja. Laut juga adalah gudang terbesar di
Planet Bumi yang mengandung 50.000 T Ton
berbagai Logam & Mineral yang bernilai tinggi seperti : Emas,
Aluminium, Nikel, Uranium, Mg dll. Setiap Mil kubik air laut mengandung 4 juta
Ton Mg senilai dengan Emas 93 juta USD.
Masa depan umat manusia ada di lautan. Lautan merupakan
bagian dari nafas kehidupan manusia yang tidak bisa diabaikan. Masa
depan Indonesia pun lebih-lebih akan berada di lautan.
Pada zaman
dahulu, Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya mencapai kejayaan juga karena
mempunyai wawasan kelutan dan tahu memanfaatkan potensi laut untuk untuk
mencapai sumber-sumber daya di tempat lain. Sebaliknya, Kerajaan Mataram yang
masuk ke pedalaman dan berbasis agraris pelan-pelan menjadi surut dan
terisolasi dengan dunia perdagangan global. Nama Sriwijaya dan Majapahit,
misalnya tercatat dalam buku pelajaran sejarah di Negara-negara Asean.
Sebagai
sumber air di planet bumi ini, laut sangatlah penting peranannya dalam menjaga
kelangsungan hidup manusia, binatang dan tumbuhan. Tanpa air laut, tidak ada
siklus hujan yang sangat vital bagi manusia dan makhluk hidup lain. Dengan kata
lain, tanpa air di lautan dan langit yang berkapasitas “mengembalikan”, bumi
akan mirip dengan Bulan, atau planet Mars yang kering kerontang tanpa air, yang
tidak mendukung akan adanya kehidupan.
penduduk pada kawasan kepulauan Maldives ataupun
Seychelles, bahkan begitu menikmati berkah dengan pariwisata dan perikanan dari
lautan. Kecintaan mereka pada lautan bahkan telah menjadikan pendapatan
perkapita negeri kepulauan kecil Seychelles mencapai U.S. 7.700amat jauh lebih
tinggi dari Indonesia di kepulauan nusantara ini yang dibawah U.S. 1.000 pada
tahun yang sama tahun 2000
Sejarah juga telah membuktikan bahwa penguasaan laut
sangat menentukan kekuatan pertahanan dan keamanan suatu Negara (Who command
the sea, command the world).
bagi manusia yang berwawasan luas, ketika sampai ke tepi
laut, mereka mampu “melihat” beyond the horizon, mampu melihat dengan akal budi
fikirannya akan sesuatu di balik ufuk, garis “pertemuan” langit dan laut.
Mereka “melihat” kapal-kapal dengan membawa barang-barang dari tanah seberang
yang eksotis, mereka mampu “melihat” kesibukan pasar di seberang lautan. Mereka merindukan datangnya kapal-kapal untuk
membawanya bersama barang-barang dagangannya membelah lautan menuju pasar di
negeri seberang menemukan handau taulan baru di tanah seberang.
Negeri – negeri
yang berada di batas dua lautan memperoleh lebih banyak kelebihan daripada
negeri-negeri yang sekadar berbatasan dengan laut.
Mesir dengan
terusan Suez, Panama dengan Terusan Panama, Spanyol dengan selat Gibraltar,
Turki dengan Selat Bosporus, Afrika Selatan Dengan Tanjung Harapan, Argentina
dengan Buenos Aires dan Bahkan Singapura yang berhasil mengambil manfaat dan
mengapitalisasikan kelebihan yang dimiliki Indonesia dalam geografi yang
strategis.
Sungguh menarik
melihat kenyataan betapa pentingnya posisi geografis di antara dua lautan ini.
Barangkali kita dapat kembali menyimak
tentang karunia Allah yang ada pada batas pertemuan dua laut. Barangkali posisi
Kepulauan Indonesia yang berada diantara Lautan
Pasifik dan Lautan Hindia merupakan karunia Allah dalam skala besar.
Dalam perekonomian global, Indonesia merupakan jalur Emas
hitam laut yang sangta menentukan. Indonesia berada pada posisis strategis di
persimpangan jalan antara pusat produsen Konsumen, baik untuk produk industri
dan pabrikan maupun untuk barang Konsumen. Selat Malaka sebagai salah satu
selat yang terpadat di dunia begitu strategis sebagai urat nadi mingak dan gas.
Bahkan mungkin paling strategis setelah Teluk Hormuz saat tanker mulai keluar
dari pusat produkasi minyak dunia.merupakan urat perekonomian terpenting, tapi mengapa Indonesia tidak mengambil
manfaatnya dari hal ini? Sesungguhnya
masyarakat Indonesia harus menyikapi masalah ini dengan positif. Pelayaran di perairan Indonesia yang
diberkahi ini sudah sepantasnya dapat menjadikan berkah bagi bangsa ini, bukan
hanya sebagai penonton Lalulintas barang yang bernilai tinggi. Dan dari data
yang di peroleh biaya transportasi laut Indonesia nyaris seluruhnya dibayarkan
kepada pemilik perusahaan pelayaran dan kargo milik asing.
Singapura sangat berhasil dalam menerapkan kesadaran
lingkungan masyarakatnya dan tidak segan-segan menerapkan sangsi yang berat
dengan denda sehingga masyarakat takut membuat kesalahan atau pelanggaran.
Mereka telah banyak memetik hasil dari kesadaran tersebut bagi pembangunan
negaranya. Singapura telah berubah menjadi salah satu tujuan wisata terpenting
di dunia dan merupakan dambaan untuk di kunjungi karena kotanya terkenal
teratur dan dekat dengan lingkungan yang ditata secara baik.
Sebagai Negara kepulauan terbesar di dunia, wilayah
daratan Indonesia (1,9 juta km²) tersebar pada
sekitar 17.500 buah pulau yang disatukan oleh laut yang sangat luas (sekitar
5.8 juta km²). Panjang garis pantai yang
mengelilingi daratan tersebut adalah sekitar 81.000 km, yang merupakan garis pantai tropis
terpanjang atau terpanjang kedua di dunia setelah Kanada.
di Pantai Barat
Benua Amerika. Di Teluk kecil tersebut yaitu Monterey Bay yang terletak
beberapa kilometer di Selatan Kota San Fransisco, California adalah Kawasan
Wisata pantai yang sangat indah sebagai objek Wisata yang tak pernah henti
dikunjungi turis. Terkenal dengan Fisherman Wharf, Monterey Aquarium, 17 Miles
Drive, tempat menyaksikan ikan paus yang sedang bermigrasi, tempat menonton
ratusan singa laut dan tentu saja dengan belasan lapangan golfnya yang sangat
indah. Kawasan yang tenang penuh hutan Cypress, sejenis cemara, ini banyak di
huni oleh orang-orang kaya Amerika. Juga merupakan kawasan tempat para orang
kaya Tua menghabiskan masa pensiunannya.
Salah
satu “keharusan” setelah menghabiskan waktu di Aquarium atau menyantap Sea food
di Fisherman Wharf sambil menyaksiakn singa-singa laut yang berjemur adalah
menyusuri 17 Miles Drive. Masuk jalur ini, kita akn melalui vila-vila Mansion
dan perumahan mewah yang indah dengan taman-taman luas yang mempunyai
pemandangan lepas kea arah lautan pasif atau ke hutan Cypress. Beberapa
lapangan golf yang sengaja di rancang demikian indah juga bertebaran di sini.
Beberapa rumah mempunyai pelataran untuk memelihara kuda. Kawasan ini adalah
salah satu kawasan di mana harga propertinya termahal di Amerika Serikat.
Konferensi
Hukum Laut pada sidang ketujuh di Geneva tahun 1978, Konsepsi Wawasan Nusantara
mendapat pengakuan dunia Internasional. Hasil perjuangan yang berat selama
sekitar 21 tahun menginsyaratkan kepada Bangsa Indonesia bahwa visi maritim
seharusnya merupakan pilihan yang tepat dalam mewujudkan Negara Kesatuan
Republik Indonesia.
Karena posisinya terletak di antara dua benua yaitu Asia
dan Australia, perairan Indonesia menjadi sangat strategis sebagai kawasan
lintasan berbagai macam kapal laut, mulai dari kapal niaga, kapal tanker, kapal
ikan, sampai dengan kapal perang.
Orang lupa bahwa bermiliar-miliar ton barang keperluan
hidup kita, keperluan industri kita telah diboyong dari tempat asalnya yang
beribu-ribu kilometer jauhnya dari kediaman kita, dan itu semua diangkut dengan
kapal-kapal yang perkasa dan melaju cepat.
Sederhana saja, baju yang kita kenakan sekarang ini, terbuat dari kapas
dan polyester, bahan bakunya diangkut dengan kapal dalam jumlah yang besar dan
ekonomis melintasi lautan Pasifik, melintasi lautan Cina Selatan. Pengangkutan
barang- barang dalam ukuran raksasa dan super raksasa bisa terlaksana dengan
mulus karena air laut mendukungnya dan arus laut membantu mendorong
pergerakannya.
Barangkali di
masa depan para ahli telekomunikasi dapat memanfaatkan lapisan kanal SOFAR
ini untuk mentransmisikan gelombang elektromagnetik, seperti telepon, internet,
televisi, dan sebagainya, dengan memasang “satelit-satelit” transmisi bawah
laut sebagai alternatif memancarkan gelombang tersebut ke lapisan ionosfer di
angkasa luar. Di antara
lapisan laut bagian atas dan lapisan laut bagian dalam, antara kedalaman
800-1.300 meter, [pada lokasi tertentu dapat mendekati kedangkalan hingga
175 meter] terdapat suatu lapisan berupa kawasan kanal SOFAR di mana kecepatan
gelombang suara merambat paling lambat. Karena zona kecepatan rendah ini meluas
ke mana-mana, namun dibatasi oleh lapisan atas dan bawah, kanal atau ruang
koridor ini bisa berfungsi sebagai kanal untuk mengirim suara atau
komunikasi. Sebuah ledakan kecil dari
sebuah sumber suara yang diledakan di dalam kanal SOFAR di lepas pantai. San
Fransisco, suaranya akan dapat tertangkap oleh hidrofon yang diletakkan pada
kedalaman di kanal SOFAR di Hawaii yang berjalak 4.025 km, hampir separuh
Lautan Pasifik.
Jaringan kabel optik bawah laut dipercayai mempunyai
banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jaringan transmisi data dan telekomunikasi
melalui satelit.
Paket-paket suara ataupun data yang di transmisikan melesat dari pesisir
barat Amerika ke Singapura dan Jakarta dalam kecepatan cahaya melalui media
serat kaca optik. Melesat tanpa gangguan
cuaca di atas atmosfer bumi ataupun gangguan badai magnetik dari angkasa luar.
Akibatnya suara terdengar begitu jernih. Kini jaringan kabel serat kaca optik bawah laut lebih dimanfaatkan untuk transmisi
data internet. Para pengguna jasa jaringan kabel bawah laut yang canggih ini
percaya bahwa akses internet broadband melalui jaringan ini akan lebih
berdaya guna daripada melalui dial-up. Hal ini disebabkan pengguna jasa
akan memperoleh kapasitas transmisi data yang jauh lebih besar. Mungkin kelak di
masa depan, para ahli telekomunikasi dapat menambah wahana telekomunikasinya
dengan menempatkan “satelit-satelit” telekomunikasi yang bertebaran pada kanal
SOFAR di laut dalam di seluruh pelosok dunia. Ceritanya barangkali tidak lagi
dengan meluncurkan pesawat ulang-alik yang membakar berton-ton bahan bakar
padat yang polutif, untuk menempatkan satelit komunikasi pada geostationer yang
memanfaatkan lapisan ionosfer. Mereka mungkin justru menyelam turun ke dalam
laut menempatkan “satelit-satelit” pemancarnya pada lapisan laut kanal SOFAR ini dengan menggunakan kapal selam-kapal
selam ulang alik.
JANGAN biarkan Laut kita dicuri orang Asing, Mari kita bangun KEPEDULIAN yang diwujudkan dengan Mengenal dan Mempelajari Pendidikan Kelautan,
serta menyiapkan dan mencetak Insan yang berdedikasi, cerdas dan Unggul di
BIDANG KELAUTAN sebagai bentuk rasa SYUKUR kepada Allah SWT atas seluruh Karunia yang telah dilimpahkan
kepada Bangsa Indonesia.
sebagai Negara maritim, mau tidak mau Indonesia harus mengelola bidang
kelautan dan perikanan yang merupakan unggulan kompetitifnya.
Allah lah yang menundukan laut untukmu dan kapal-kapal
supaya
kamu mencari
sebagian karunia-Nya. (Al-Jatsiyah (45):12).
Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan
oleh perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian
dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Al-Rum (30):41).
Dia
membiarkan dua laut mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya
ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing. Maka nikmat Tuhan kamu yang
manakah yang kamu dustakan? dari keduanya keduanya keluar mutiara dan marjan. (QS
Ar-Rahman [55]: 19-22)
QS Al-Nahl (16): 14,
Dan Dialah Allah, yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan darinya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai ; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar